top of page

Group

Public·91 members
Jaxon Evans
Jaxon Evans

Program Laporan Keuangan Excel


Sebuah program akuntansi haruslah memiliki formulir untuk menginput data transaksi. Ia minimal harus memiliki formulir input untuk tanggal transaksi, keterangan transaksi, nama akun, dan debet dan kreditnya selalu seimbang. Kemudian transaksi ini akan disimpan ke dalam buku besar. Di buatkan rangkuman jumlah uangnya berdasarkan akun di laporan neraca saldo. Dan akhirnya jadilah laporan keuangan.




Program Laporan Keuangan Excel


DOWNLOAD: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Fgohhs.com%2F2u7K8l&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw0HISVj9qyd736s8nTg5bMe



Selain dengan bahasa pemograman, laporan keuangan excel otomatis juga bisa dibuat dengan menggunakan microsoft excel. Caranya adalah dengan memanfaatkan rumus-rumus yang ada di excel. Membuat sheet-sheet yang terkait, seperti menu, bagan akun(coa), jurnal, buku besar, neraca saldo dan laporan keuangan. Rumus-rumus ini akan saling terkait antar sheetnya, sehingga perhitungan akan otomatis dilakukan.


Pengalaman saya menggunakan rumus di excel, jika transaksi semakin banyak maka program akan semakin lama untuk bisa dibuka. Solusinya memang bisa dengan menambah spesifikasi komputer. Namun ini adalah pilihan yang mahal. Opsi yang lebih baik adalah dengan menggunakan VBA.


Input hanya akan dilakukan di sheet jurnal. Dari transaksi di jurnal, anda akan di minta untuk menginput akun yang terkait. Misal ada transaksi penanaman modal oleh pemilik sebesar 100 juta rupiah. Maka jurnalnya adalah Bank di sebelah debit dan modal di sebelah kredit sebesar 100 juta. Misal akun bank adalah 102 dan modal adalah 300. Nah, berdasarkan nomor akun yang unik inilah dibuat rumus untuk menarik transaksi yang terkait dengan akun ini kebuku besar. Kemudian sheet neraca saldo akan mengambil saldo akhirnya. Dan sheet laporan keuangan akan mengambil data dari neraca saldo untuk ditampilkan.


Inilah program akuntansi excel gratis yang akan saya bagikan untuk anda. Benar-benar gratis? Yakin sama saya gan. Ini beneran gratis, tidak pakai trial, apalagi tipu-tipu. Namun agar lebih bermanfaat sudilah kiranya agan-agan sekalian membagian postingan ini ke sosial media agan-agan sekalian. Akan rekan-rekan pengusaha lainnya bisa ikut merasakan manfaatnya. Daripada menggunakan program berbayar lebih baik menggunakan program akuntansi excel gratis kan.


Anda dapat berlatih semaksimal mungkin untuk menggunakan kumpulan data prefilled. Cara membuat laporan keuangan bulanan seorang pengguna harus memberikan waktu dalam memahami setiap penggunaan fitur di dalamnya.


Dengan menggunakan software akuntansi seperti Jurnal, Anda tinggal meng-input transaksi masuk dan keluar, serta akun lainnya yang nantinya akan terintegrasi sehingga tidak perlu lagi membuat laporan keuangan satu persatu secara manual.


Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini terdapat berbagai macam aplikasi pembukuan usaha yang bisa Anda manfaatkan. Mulai dari aplikasi laporan keuangan excel hingga aplikasi pembukuan usaha.


Maka, dengan adanya aplikasi laporan keuangan, Anda tidak perlu lagi kesusahan membuat ataupun menyusun pembukuan dan menghitung bertumpuk-tumpuk jurnal. Jika terjadi kesalahan, Anda tinggal menghapus error data dengan satu klik tombol saja.Meskipun sebagian aplikasi tersebut berbayar, tapi ada pula di antaranya yang tidak dipungut bayaran atau gratis.


Ingin tahu cara membuat laporan keuangan di Excel? Yup, tak bisa dimungkiri, kemampuan menulis laporan di Microsoft Excel memang jadi salah satu basic skill yang harus sobat PINA miliki, baik sebagai pebisnis maupun personal. Sebab, laporan keuangan yang baik dapat membantu kamu dalam mengetahui arus pemasukan dan pengeluaran bulanan secara detail.


Laporan keuangan dari Excel sering dipilih karena dianggap rapi serta mudah dibaca dan dipahami. Sehingga banyak yang memakai Excel untuk membuat laporan keuangan, baik harian, bulanan, maupun tahunan.


Namun, seringkali Excel menjadi momok yang menakutkan karena dianggap sulit dan penuh dengan deretan rumus. Padahal jika sudah terbiasa, Excel sangat mudah digunakan dan memiliki banyak kelebihan. Apa saja kelebihan, fitur, dan bagaimana cara membuat laporan keuangan di excel? Cari tahu jawaban lengkapnya di bawah ini, ya.


Sebagai program yang dibuat khusus untuk mengumpulkan data berupa angka, Excel bisa menjadi pembanding kumpulan data yang akurat. Data-data yang diolah di dalam Excel dijamin tidak akan salah karena sudah menggunakan program-program tertentu. Excel juga bisa membantumu membandingkan data keuangan total hutang dagang versi untuk keperluan menghitung volume arus kas.


Tak hanya itu, sobat PINA juga bisa mengulang pelacakan agar bisa mendapatkan gambaran pengeluaran keuangan yang lebih jelas. Template excel laporan keuangan bisa dilakukan dengan mengelompokkannya menjadi beberapa poin. Misalnya dibedakan berdasarkan ukuran, lokasi, tanggal dan pembelian.


Selain itu, sobat PINA juga bisa membuat makro ekspor data lewat Microsoft Excel. Kamu juga bisa memilih template manajemen faktur di lembar Excel untuk menyusun laporan keuangan. Wah, banyak banget fitur yang bermanfaat ya, sobat PINA.


Selain kedua fitur di atas, sobat PINA juga bisa menggunakan fitur forecast sheets sebagai salah satu cara membuat laporan keuangan di Excel. fitur ini berguna untuk memperkirakan tren data berdasarkan pada nilai historis.


Nah buat sobat PINA yang masih belum paham atau bingung cara membuat template Excel laporan keuangan, kamu jangan khawatir karena akan kami kasih tau caranya. Ada beberapa laporan keuangan dasar yang bisa dibuat dengan mudah menggunakan Excel, yaitu laporan laba rugi dan laporan arus kas. Berikut ulasan lengkapnya.


Laporan keuangan pertama yang akan dibahas adalah laporan keuangan laba rugi. Laporan yang satu ini merupakan laporan keuangan yang menunjukkan seberapa besar keuntungan dan kerugian bisnis dalam satu periode. Meski begitu, sobat PINA juga bisa memilih periode laporan laba rugi per bulan atau triwulan untuk mengetahui perkembangan bisnis yang baru sobat PINA jalankan.


Setelah menentukan periode, sobat PINA harus menyiapkan jurnal yang berisi data-data laporan keuangan. Bagaimana jika belum punya jurnal? Kamu bisa memakai kwitansi, laporan bank, atau catatan-catatan lainnya.


Cara membuat laporan keuangan di Excel yang wajib sobat PINA ketahui selanjutnya adalah membuat laporan arus kas. Setelah memilih periode pelaporan, selanjutnya sobat PINA perlu menyiapkan data yang sudah dicatat dalam jurnal. Jika belum, kamu bisa memakai daftar semua pengeluaran dan pendapatan selama periode yang dipilih.


Tenang saja, untuk memahami format dan rumus perhitungan tersebut tidaklah rumit. Dengan tulisan ini, Anda akan dibantu langkah demi langkah untuk menghasilkan laporan keuangan profesional dengan menggunakan Excel.


Template-template laporan keuangan Excel yang beredar di Internet atau bahkan ada yang gratis dari Microsoft Office terkadang tidak akan sama dengan format laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan tempat Anda bekerja.


Untuk memberi gambaran lebih lengkap tentang bagaimana seorang akuntan atau karyawan yang bertugas untuk menangani akuntansi dan laporan keuangan perusahaan membuat laporan-laporan keuangan, maka Anda dapat menyimak artikel berikut tentang Contoh-Contoh Laporan Keuangan.


Anda ingin membuat laporan keuangan dengan excel? Sebaiknya pahami dulu berbagai pengertian laporan keuangan akuntansi, software yang digunakan, dll. Dalam dunia akuntansi, maka laporan keuangan sudah tidak asing lagi terdengar. Laporan keuangan merupakan pencatatan kegiatan yang dilakukan mereka untuk usaha bisnisnya. Pencatatan aktivitas ini meliputi catatan keuangan yang berisikan informsai atas banyak hal seperti arus kas (cash flow), pengeluaran, hutang, piutang, dll. Dengan mencatat informasi keuangan sebuah bisnis atau perusahaan, maka bisa menentukan kebijakan ekonomi.


Maka dari itu, membuat laporan keuangan dengan excel sudah menjadi hal yang seharusnya dilakukan oleh Anda yang memiliki usaha bisnis atau staf akuntansi. Namun, dalam proses pembuatan laporan akuntansi bisa sangat memusingkan jika aplikasi yang menunjang tidak bisa membantu pekerjaan kita. Pencatatan manual dengan menggunakan excel dianggap lebih sederhana, namun apa iya bisa tersa sesederhana itu?


Nyatanya, membuat laporan keuangan dengan excel bisa cukup rumit karena Anda akan butuh banyak rumus untuk menyusunnya. Beberapa perusahaan juga masih memilih membuat laporan keuangan dengan excel karena dirasa bisa menekan pengeluaran atau budget perusahaan. Namun, pada prosesnya bisa memakan waktu yang lumayan lama. Hal ini karena kita juga butuh tingkat keakuratan yang cukup tinggi. Maka dari itu, kini banyak pilihan membuat laporan keuangan dengan excel atau software akuntansi. Mana yang lebih efisien?


Ketiga alat bantu dalam pembuatan laporan keuangan ini memiliki fungsi dengan level kemampuan yang berbeda-beda. Semakin tinggi intensitas transaksi, maka buku catatan keuangan tidak akan dipakai lagi atau gunakan kembali. Bisa jadi catatan ini dipakai hanya untuk backup saja.


Jika Anda merasa membuat laporan keuangan dengan excel sangatlah membingungkan, maka Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi. Dengan software akuntansi, maka sistem pengerjaannya cukup berbeda. Bahkan banyak sekali yang merasa bahwa menggunakan software akuntansi lebih aman dan mudah digunakan karena Anda tidak akan bertemu dengan rumus-rumus pada excel.


Bagan diatas merupakan skema siklus akuntansi yang terkomputerisasi. Alur ini bisa menunjukkan langkah secara sederhana yang berkesinambungan dengan sistem. Maka, penginputan bisa langsung terekam dan otomatis jadi laporan keuangannya. Berikut penjelasannya:


membuat laporan keuangan dengan excel atau dengan software akuntansi sama bagusnya, namun memiliki fungsi yang pastinya berbeda. Semakin kompleks aktivitas transaksi, maka semakin tinggi juga kebutuhan terhadap software akuntansi. Maka dengan menggunakan software akuntansi, Anda bisa merasakan manfaatnya seperti berikut ini:


Dengan membuat laporan keuangan dengan excel, maka Anda harus memasukkan data secara manual. Jika terjadi perubahan, maka Anda harus mengubah, update dan menambahkan infromasi baru kembali yang terkait akan hal tersbut. Memasukkan data secara manual tentu akan memakan waktu yang cukup lama dbahkan ini bisa jadi aktivitas yang membutuhkan ketelitian tinggi.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...

Members

bottom of page